0

Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat merupakan stadion olahraga yang berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Kuatawaringin, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat sendiri diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional yang berasal dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata.

Persikab Bandung merupakan klub sepakbola yang mewakili Kabupaten Bandung di Liga Indonesia dan menjadikan stadion Si Jalak Harupat sebagai Homebasenya.

Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna. Selanjutnya diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat (KONI Pusat).

Fasilitas Satdion Si Jalak Harupat antara lain:

  • Lapangan sepak bola sebagai arena utama, dengan rumput jenis zoyzia matrella lin mer yang bisa meminimalkan cedera pemain bola.
  • Lampu untuk lapangan berkekuatan 1.000 lux yang memungkinkan dilaksanakannya pertandingan malam. Papan skor (scoring board) elektronik.
  • Lintasan (track) untuk atletik dengan ukuran standar sebanyak 8 lintasan.
  • Tribun penonton yang mampu menampung 27.000 - 40.000 penonton.
  • Fasilitas komersial.
  • Fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, kantin, ruang ganti pemain, ruang wasit, dan lain-lain.

Penilaian Kelayakan

Secara fisik stadion ini memang cukup bagus, hanya saja Si Jalak Harupat baru bisa memenuhi kualifikasi lokal dan nasional. Sistem drainase dan rumput di lapangan sudah bagus, hanya saja tempat duduk penonton masih menggunakan format tradisional, padahal untuk stadion modern seorang penonton disediakan satu tempat duduk. Loket penjualan tiket masih menyatu dengan stadion dan bukan di luar kompleks stadion seperti selayaknya stadion yang baik. Selain itu, kamar ganti pemain belum dilengkapi meja pijat dan loker. Demikian juga tempat pemain cadangan yang dinilai masih kurang sesuai. Kekurangan lainnya adalah lokasi stadion yang cukup jauh dari hotel dan dua lapangan pendukung dinilai masih kurang memenuhi syarat. Dalam veritifikasi AFC pada bulan Oktober 2011 Stadion Si Jalak Harupat tidak mendapat kriteria A AFC karena kekurangan tersebut diatas. Bila Stadion Si Jalak Harupat ingin digunakan sebagai tempat untuk AFC Champion League, maka Stadion ini harus melakukan pembenahan dan penambahan dari kekurangan-kekurangan yang ada.

HTM Stadion Si Jalak Harupat

Untuk bisa memasuki kawasan Stadion Si Jalak Harupat, biasanya anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 2000

Stadion Si Jalak Harupat

5.0/65votes
Voting statistics:
RatePercentageVotes
680%4
50%0
40%0
30%0
20%0
120%1
Click to share thisClick to share this